Kesetiaan pada Tradisi dan Pakem

rindikRindik merupakan salah satu perangkat musik tradisional Bali yang bisa diperdengarkan untuk kegiatan relaksasi karena bunyinya yang lembut dan kalem.

Umumnya, rindik menjadi salah satu instrumen tarian Joged Bumbung. Namun di luar itu, rindik bisa menjadi instrumen tunggal atau berpasangan yang permainannya bisa diperdengarkan dalam berbagai kegiatan hiburan. Semisal di acara pernikahan masyarakat Bali. Atau, di industri wisata, instrumen ini bisa dimainkan untuk menyambut wisatawan yang baru datang ke hotel. Pun demikian, sebagai pengiring saat jamuan makan.

I Gusti Putu Widiana dari Banjar Antap, Kecamatan Selemadeg, merupakan salah seorang pengerajin rindik di Tabanan. Dia sudah mulai belajar membuat rindik sejak akhir tahun 80-an. Tidak jarang dia juga memenuhi pesanan untuk sekeha joged bumbung.

Dalam peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523 di Kecamatan Selemadeg, Gusti Putu Widiana, sempat memajang karyanya.

Sebagai orang yang puluhan tahun membuat rindik dan instrumen untuk Joged Bumbung, dia rupanya menaruh keprihatinan terhadap perkembangan tari pergaulan tersebut. Dia berharap, joged bumbung kembali ke asalnya, sebagai tari pergaulan yang tetap mengusung estetika tanpa mengabaikan etika.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *